Problematika Lembaga Pendidikan Kristen: Upaya Meningkatkan Motivasi Kerja Guru KB
DOI:
https://doi.org/10.34081/fidei.v6i2.409Keywords:
Abraham Maslow, Lembaga Pendidikan Kristen, Motivasi Guru KB, Teori Hierarki KebutuhanAbstract
Problematika lembaga pendidikan nonformal Kristen masa kini salah satunya kesiapan dalam penyediaan dan tatakelola pendanaan operasional. Problematika ini berimplikasi terhadap motivasi kerja guru dalam menjalankan profesinya. Dimana motivasi guru KB Kristen rendah yang disebabkan lembaga pendidikan Kristen tidak memperhatikan indikator motivasi kerja guru yaitu pemenuhan kebutuhan mendasar seseorang sesuai teori motivasi yang dicetuskan oleh Abraham Maslow. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan literatur. Tujuan dari tulisan ini adalah menawarkan penerapan teori hierarki kebutuhan dari Abraham Maslow sebagai upaya meningkatkan motivasi kerja guru KB. Hasil penelitian; ketika lembaga pendidikan Kristen mengimplementasikan teori motivasi Abraham Maslow yaitu pemenuhan kebutuhan fisiologis, keamanan, dimiliki dan dicintai, penghargaan, dan kebutuhan aktualisasi diri maka motivasi kerja guru KB akan meningkat.
References
Abraham H Maslow. Farther Reaches of Human Nature. New York: Orbis Book, 1986.
Aisyah, Noor. “Motivasi Kerja Di Lembaga Pendidikan.” Al-Manba 7, no. 13 (2018): 48–58.
Destriyanti, D. “Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Aksioma Ad-Diniyah 2, no. 2 (2017): 1–23.
Dwi, Anugrah. “Pendidikan Formal Dan Contohnya.” Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Last modified 2023. https://fkip.umsu.ac.id/2023/07/27/pendidikan-formal-dan-contohnya/.
Feeny, Stephanie. Who Am I in The Lives of Children? USA: Merril Prentice-Hall, Inc, 2006.
Harita, Nitani, and Hendro Hariyanto Siburian. “Pray, Praise and Worship: Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 104–118.
Hasibuan, Malayu. Organisasi Dan Motivasi: Dasar Peningkatan Produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Hikmat. Manajemen Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2009.
Indonesia, Republik. Undang-Undang (UU) Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia, 2003.
Jhonnedy Simatupang, Bernadetha Nadeak, Lamhot Naibaho. “Mengurai Problematika Manajemen Pendidikan Kristen Berbasis Paralelitas Teori Motivasi: Herzeberg Dan Abraham Maslow.” Jurnal Pendidikan dan Konseling 4, no. 6 (2022): 7560–7569.
Lexy j. Moleong. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PN Remaja Osdakarya, 2007.
Maman R dan Rochmand. Penelitian Tindakan Kelas. Semarang: Uneversitas Negeri Semarang, 2010.
Martinis Yamin. Professional Guru Dan Implementasi. Jakarta: Gunung Persada Press, 2007.
Maslow, Abraham H. On Dominace. Self Esteem and Self Actualization. New York: Brooks/Cole Pub.C0, 2006.
Mutia Shanaz Yumna, Siti Wahyuningsih, Anayanti Rahmawati. “Hubungan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru PAUD Pada Masa Pandemi Di Kecamatan Laweyan.” Kumara Cendekia 4, no. 4 (2021): 240.
Nest. Modul Perkembangan Anak Untuk PAUD. Jakarta: PAUD, Kemendiknas, 2007.
Nurlita, Devi Risma. “Hubungan Kesejahteraan Psikologis Dengan Kinerja Guru Paud Se Kota Pekanbaru.” Educhild: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya 4, no. 1 (2015): 23–37.
Nurul Anam. “Berbagai Problematika Pendidikan Dan Pembelajaran Di Dalam Lembaga Pendidikan PAUD Dan TK/RA Di Indonesia.” Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember. Last modified 2021. https://iaiq.ac.id/berbagai-problematika-pendidikan-dan-pembelajaran-di-dalam-lembaga-pendidikan-paud-dan-tk-ra-di-indonesia/.
PAUDDIKMAS. Kerangka Dasar Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Puskur, 2007.
Pazmiño, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen Sebuah Pengantar Dalam Perspektif Injili. STT Bandung dalam kerja sama dengan BPK Gunung Mulia, 2012.
Roestiyah, NK. Masalah-Masalah Ilmu Keguruan. Jakarta: Bina Aksara, 2001.
Sardiman. Interaksi Dan Motivasi. Jakarta: Rajawali Pers, 2018.
Sarwono, Sarlito W. Berkenalan Dengan Aliran-Aliran Dan Tokoh-Tokoh Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang, 2002.
Sifa Zulfah Massalim. “Sifa Zulfah Massalim, “Pengaruh Kesejahteraan Terhadap Kinerja Guru PAUD Di Kp. Cibadak Kayumanis Bogor.” Jurnal Pendidikan Luar biasa 13, no. 2 (2019): 62–67.
Subagyo, Andreas B. Pengantar Riset Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Kalam Hidup, 2014.
Suyadi. Konsep Dasar PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta:
Penulis yang menerbitkan artikel di Fidie: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Fidei dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal Fidei (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat pengaruh akses terbuka).