Desain Kurikulum Sekolah Minggu Menurut Model Grassroots Rationale
DOI:
https://doi.org/10.34081/fidei.v5i2.354Keywords:
Desain Kurikulum, Grassroot Rationale, Sekolah Minggu, Curriculum Design, Grassroots Rationale, Sunday SchoolAbstract
Kurikulum memiliki peran yang sangat penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Di dalam konteks pendidikan nonformal di gereja, kurikulum sangat dibutuhkan untuk menjadi arah dan pedoman pelaksanaan pendidikan. Salah satu program pendidikan di gereja adalah Sekolah Minggu, yang merupakan program pendidikan yang bertujuan membentuk anak-anak yang memiliki karakter dan spiritualitas Kristen yang kuat. Akan tetapi masih banyak Sekolah Minggu yang dikelola dengan tujuan yang tidak terukur karena tidak adanya kurikulum secara tertulis. Ada beberapa model desain kurikulum yang dapat digunakan, salah satunya model Grassroot Rationale. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah menghasilkan konsep desain kurikulum Sekolah Minggu menurut model Grassroot Rationale. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa desain kurikulum sekolah minggu menggunakan model Grassroots Rationale secara komprehensif sangat berpihak kepada peserta didik. Selain melibatkan anak-anak secara aktif dalam proses pembelajaran, kebutuhan anak-anak sekolah minggu terwadahi melalui isi materi pembelajarannya.References
Andalas, Mutiara. “Pembelajaran Multisensorik Bagi Generasi Alpha Di Kelas Pendidikan Agama.†In Mendidik Generasi Milenial Cerdas Berkarakter, edited by Ignasius Edi Santosa. 1st ed. Yogyakarta: Kanisius, 2020.
Ansyar, Mohamad. Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain Dan Pengembangan. 2nd ed. Jakarta: KENCANA, 2017.
Antone, Hope S. Pendidikan Kristiani Kontekstual: Mempertimbangkan Realitas Kemajemukan Dalam Pendidikan Agama. 4th ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2019.
Aprilia, Wahyu. “Organisasi Dan Desain Pengembangan Kurikulum.†Islamika 2, no. 2 (2020): 208–226.
Christiani, Tabita Kartika. Desain Kurikulum Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta, 2022.
Daud, Mison Immanuel. Perkembangan Kurikulum Sekolah Minggu Gereja-Gereja Di Manado. Jakarta: Publica Indonesia Utama, 2022.
Groome, Thomas H. Christian Religious Education; Pendidikan Agama Kristen Berbagi Cerita Dan Visi Kita. 8th ed. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2020.
Hidayat, Ahmad. Pendidikan Generasi Alpha: Tantangan Masa Depan Guru Indonesia. 1st ed. Yogyakarta: Jejak Pustaka, 2021.
Idi, Abdullah. Pengembangan Kurikulum Teori Dan Praktek. Edited by Aziz Safa. Ar-Ruzz Media. 2nd ed. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2013.
Kawangung, Yudhi, Rinto Hasiholan Hutapea, and Yuel Yoga Dwianto. “Pemetaan Kurikulum Dan Strategi Pembelajaran Sekolah Minggu.†Sabda: Jurnal Teologi Kristen 1, no. 1 (2020): 13–32.
Lie, Paulus. Mereformasi Sekolah Minggu: 8 Kiat Praktis Menjadikan Sekolah Minggu Berpusat Pada Anak. Yogyakarta: Penerbit Andi, 2021.
Lise Chasmisijatin, and Fendy Hardian Permana. Telaah Kurikulum. Edited by Ahmad Fandi Firmansah. UMM Press. 1st ed. Vol. 1. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang, 2020.
Musfiqon, H.M., and Nurdyansyah. Pendekatan Pembelajaran Saintifik. 1st ed. Sidoarjo: Nizamia Learning Center, 2015.
Nafi’ah, Siti Anisatun. “Model Pengembangan Kurikulum Hilda Taba Pada Kurikulum 2013 Di SD/Mi.†As-Sibyan 2, no. 1 (2019): 24–33.
Nasbi, Ibrahim. “MANAJEMEN KURIKULUM: Sebuah Kajian Teoritis.†Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 1, no. 2 (2017): 318–330.
Nurdyansyah, and Eni Fariyatul Fahyuni. Inovasi Model Pembelajaran Sesuai Kurikulum 2013. Nizmania Learning Center, 2016.
Pattinama, Anita, and Ferdinan Pasaribu. “Metode Dan Media Pembelajaran PAK Dalam Pembinaan Guru Sekolah Minggu.†Jurnal Pistotites 1 (2019): 22–32.
Pazmiño, Robert W. Fondasi Pendidikan Kristen Sebuah Pengantar Dalam Perspektif Injili. STT Bandung dalam kerja sama dengan BPK Gunung Mulia, 2012.
Print, Murray. Curriculum Development and Design. 2nd ed. New York: Routledge, 2020.
Purba, Pratiwi Bernadetta, Rosmita Sari Siregar, Dewi Suryani Purba, Atep Iman, Sukarman Purba, Sri Rezeki Fransiska Purba, Emmi Silvia, et al. Kurikulum Dan Pembelajaran. 1st ed. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Purba, Yenni Septiani, and Djoys Anneke Rantung. “Desain Kurikulum Pak Anak Usia 9-12 Tahun Di Sinode Gereja Kristen Protestan Simalungun (Gkps) Dengan Menggunakan Teori Wyckoff.†Jurnal Shanan 3, no. 2 (2019): 27–61.
Rahman, Ali. “Desain Model Dan Materi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi.†AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 2 (2018): 128–143.
Ratag, Adolf Edwin. “Pengembanganan Kurikulum Sekolah Minggu.†LOGON ZOES: Jurnal Teologi, Sosial dan Budaya 1, no. 1 (2017): 1–17.
Setiawan, Samuel Agus, and Andrias Pujiono. “Urgenitas Penerapan Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Dalam Pelayanan Anak Sekolah Minggu.†Jurnal Teologi Injili 1, no. 2 (2021): 102–110.
Shanty, Wiwiet Arie, Talizaro Tafonao, and Desetina Harefa. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen Yang Kontekstual Bagi Anak Sekolah Minggu Kelas Madya.†Jurnal Pendidikan Kristen: Harati 1 (2021): 129–142.
Suratno, Joko, Diah Prawitha Sari, and Asmar Bani. “Kurikulum Dan Model-Model Pengembangannya.†Jurnal Pendidikan Guru Matematika 2, no. 1 (2022): 67–75.
Tefbana, Ivana IT, Sarce Rien Hana, Tri Supartini, and Hengki Wijaya. “Kompetensi Guru Sekolah Minggu Terhadap Keefektifan Mengajar Anak: Suatu Studi Kuantitatif Di Jemaat GPdI El-Shaddai Makassar.†Didache: Journal of Christian Education 1, no. 2 (2021): 205.
Telaumbanua, Arozatulo. “Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa.†Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 1, no. 2 (2018): 219–231.
Thalib, Mohamad Anwar. “Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya.†Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah 5, no. 1 (2022): 23–33.
Uswatun Hasanah. Pengembangan Kurikulum Berbasis Edukotourism. Edited by Guepedia/Ag. 1st ed. Bogor: Guepedia, 2021.
Wasiah. “Tipologi Kurikulum.†Adiba: Journal of Education 2, no. 2 (2022): 263–272.
Yulianingsih, Dwiati. “Upaya Guru Sekolah Minggu Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab Di Kelas Sekolah Minggu.†Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 3, no. 2 (2020): 285–301.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta:
Penulis yang menerbitkan artikel di Fidie: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Fidei dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal Fidei (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat pengaruh akses terbuka).