Persepsi Para Pejabat GBIS Terhadap Penggunaan Media Sosial Sebagai Medium Interaksi di Lingkungan Organisasi dan Gereja Lokal

David Eko Setiawan, Firman Panjaitan

Abstract


Media Sosial seakan telah menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Seiring perkembangan Teknologi Informasi mendorong masyarakat masuk dalam Digital Culture yang telah mengubah gaya hidup mereka. Sehubungan dengan berkomunikasi, saat ini masyarakat lebih menyukai menggunakan media sosial dari pada media konvensional. Sebab media sosial dianggap sebagai medium yang dapat menyampaikan informasi dengan cepat. Selain mereka juga meyakini bahwa media sosial juga dapat mendekatkan interaksi antar individu dan juga dalam sebuah kelembagaan Benarkah demikian? Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah penelitian berikut: Bagaimanakah persepsi para Pejabat GBIS terhadap penggunaan media sosial sebagai medium interaksi di lingkungan organisasi dan gereja lokal? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah menjelaskan persepsi para Pejabat GBIS terhadap penggunaan media sosial sebagai medium interaksi di lingkungan organisasi dan gereja lokal. Penelitian ini menggunakan metode Library Research dan Survei. Adapun responden dalam penelitian ini adalah para pejabat Gereja Bethel Injil Sepenuh seluruh Indonesia. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa media sosial relevan sebagai medium interaksi di lingkungan antar pejabat GBIS dan gereja lokal. Signifikansi dari penelitian ini adalah diharapkan menjadi trigger bagi para pejabat GBIS untuk memaksimalkan penggunaan media sosial dalam lingkup organisasi sinode dan di dalam gereja lokalnya masing-masing.


Keywords


Pejabat GBIS, Media Sosial, Interaksi, Organisasi, Gereja Lokal

Full Text:

PDF

References


Abraham, Firda Zulivia. Pemanfaatan Twitter Sebagai Media Komunikasi Massa. Jurnal Penelitian Pers dan Komunikasi Pembangunan 18, no. 1 (2014): 6780.

Afandi, Yahya, Dosen Sekolah, Tinggi Teologi, and Satyabakti Malang. Digital Ecclesiology . Jurnal Fidei 1, no. 2 (2018): 270283.

Bernard T Adeney. Etika Sosial Lintas Budaya. Yogyakarta: Kanisius, 2000.

Hamzah, Radja E. Penggunaan Media Sosial Di Kampus Dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan. Jurnal Wacana XIV, no. 1 (2015): 4570.

Hariyanto, Agus Tri. Setengah Penduduk Bumi Pengguna Internet, Hampir 7 Jam Perhari. Www.Detikinet.

Jumal, Ahmad. Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis). ResearchGate, 2018.

Maksudi, Ike Atikah Ratnamulyani dan Beddy Iriawan. Peran Media Sosial Dalam Peningkatan Partisipasi Pemilih Pemula Dikalangan Pelajar Di Kabupaten Bogor 20, no. 2 (2018): 154161.

Marleen Muskita. Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Whatsapp Terhadap Penyampaian Pesan Di Angkatan Muda Ranting II Cabang Bethel. Jurnal BADATI 1, no. 1 (2019).

Meilinda, Nurly. Social Media On Campus: Studi Peran Media Sosial Sebagai Media Penyebaran Informasi Akademik Pada Mahasiswa Di Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP UNSRI. The Journal of Society & Media 2, no. 1 (2018): 53.

Pratama, Stephen, and Chairy Chairy. Media Komunikasi Pemasaran Pada Institusi Gereja (Analisis Terhadap Peran Instagram). Jurnal Muara Ilmu Ekonomi dan Bisnis 4, no. 1 (2020): 137.

Setiawan, David Eko, and Anton Isharjono. Kabar Baik Di Tengah Dunia Maya: Menghadirkan Injil Dalam Ruang Virtual. Edited by Firman Panjaitan. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia, 2022.

Setiawan, Herri, and Puwo Santoso. Model Optimalisasi Peluang Pemanfaatan Media Jejaring Sosial Dalam Implementasi E-Governance Di Indonesia. Jurnal Informatika. UPN Veteran Yogyakarta. 2013, no. semnasIF (2013): 147154.

Sibarani, Apriani. Media Sosial Sebagai Konteks Pendidikan Kristiani Kontekstual Bagi Generasi Millennial. Majalah Ilmiah METHODA, 2020.

Siddiqui, Shabnoor, And, and Tajinder Singh. Social Media Its Impact with Positive and Negative Aspects. International Journal of Computer Applications Technology and Research 5, no. 2 (2016): 7175.

Sitompul, Ronal Paul. Pelayanan Pemuda Di Era Teknologi Digital. Jurnal Antusias 5, no. 1 (2017): 116.

Wahyudin. Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan. Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung (2017): 16.

Watie, Errika Dwi Setya. Komunikasi Dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger 3, no. 2 (2016): 69.

We Are Social &Hootsuite. Digital 2021: Global Overview Report. Global Digital Insights.

Yuliana, Irma, Jl Grafika, No Yogyakarta, Jl Grafika, and No Yogyakarta. Analisis Jejaring Media Sosial Untuk Pemetaan Pada Komunitas Online. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), 1417. Yogyakarta, 2015.




DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v5i1.307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika Telah Terindeks di:

   

 

pISSN: 2621-8151

eISSN: 2621-8135

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Diterbitkan Oleh: Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu

Copyright ©Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika