Peranan Pendidikan Keluarga Tentang Kekudusan Hidup Menurut Roma 12:1-2
DOI:
https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.16Keywords:
Pendidikan keluarga, kekudusan hidup, Surat RomaAbstract
Peran aktif keluarga dan orang tua merupakan sebuah usaha yang secara langsung dalam memberikan sosialisasi terhadap anak dan juga menciptakan lingkungan rumah dan gereja sebagai lingkungan sosial yang pertama dijumpai oleh anak. Anak menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan oleh keluarga, dalam kehidupannya anak perlu mendapat perhatian khusus dari orang tua baik ayah mau pun ibu, hal itu dikarenakan keluarga merupakan tempat pertama yang menerima anak lahir didunia. Tidak hanya hal itu keluarga juga menjadi tempat bagaimana anak belajar dalam berkehidupan yaitu dari awal cara makan sampai anak belajar hidup dalam masyarakat. Dalam realita peneliti mengamati banyak terjadi seks bebas di kalangan remaja. Mereka menganggap bahwa seks bukanlah suatu yang tabu dan kudus.References
Agus, Salim. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Alkitab, Lembaga Alkitab Indonesia.
Bertens, K. 1989. Etika dan Etiket, Pentingya Sebuah Perbedaan. Yogyakarta: Kanisius.
BibleWork 7, Roma 12:2
Ahmad Tafsir. 2002. Pendidikan Agama Dalam Keluarga. Bandung: Remaja rosdakarya.
Fuad Ihsan. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Haryono, dkk. 2007. Akuntabilitas Konsep Dan Pengukuran. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.
Hasbullah, 1994. Pendidikan dalam Keluarga. Jakarta: Rajawali Press.
. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Persada.
Helvie C.O. 1998. Advanced Practice Nursing in The Community. California: Sage publication Inc.
Kaelan. 2004. Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta:Gramedia.
Khairudin, H, HSS, 1997. Sosiologi Keluarga. Yogyakarta : Liberty press.
Langgulung, Hasan. 1995. Manusia & Pendidikan : Suatu Analisa Psikologi &Pendidikan (catatan ketiga). Jakarta:Gramedia.
Linda & Richard Eyre. 1997. Mengajarkan Nilai-nilai Kepada Anak. Jakarta : Gramedia PustakaUtama.
Ngalim Purwanto. 1992. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurul Zuriah. 2006. Metedologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan (Teori
Aplikasi). Jakarta : PT Bumi Aksara.
Philip H. Coombs. 1982. Apakah Perencanaan Pendidikan Itu, (terjemah). Jakarta: Bhatara Karya Akasara.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Siti Partini Suardiman. 2003. Metode Pengembangan Daya Pikir dan Daya Cipta untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP UNY.
Soedomo, A. Hadi. 2008. Pendidikan: Suatu pengantar. Surakarta: UNS Press.
Soekanto, Soerjono. 2004. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta:Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Umar, Haryono, dkk. 2004. Akuntabilitas Konsep Dan Pengukuran. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Pemberitahuan Hak Cipta:
Penulis yang menerbitkan artikel di Fidie: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan hak publikasi pertama kepada jurnal Fidei dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 (CC BY-SA 4.0), yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari karya versi terbitan jurnal Fidei (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk mempublikasikan karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar atas karya yang diterbitkan (Lihat pengaruh akses terbuka).