Author Guidelines

Panduan Penulisan Artikel

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Focus and Scope

Tujuan dari penerbitan jurnal ini adalah untuk mempublikasikan hasil kajian ilmiah dan penelitian dalam bidang ilmu: Teologi Sistematika dan Praktika (Teologi Multikultural, Kajian Pendidikan Kristen, dan Praktik Teologi dalam Masyarakat).

Pedoman Penulisan

1. Artikel adalah asli karya penulis. Artikel tersebut belum pernah dipublikasikan atau sedang mengirimkan artikelnya di jurnal lain. jika terdapat pelanggaran terhadap ketentuan tersebut, maka secara otomatis artikel dan penulis akan diberikan sanksi: penulis tidak diberikan kesempatan menulis di Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika selama 2 Volum kedepan, dan artikel yang pada saat melanggar ketentuan di atas akan digugurkan dari penerbitan (reject). Artikel yang ditulis untuk Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika bersifat ilmiah yang merupakan hasil penelitian lapangan atau literatur di bidang Teologi Sistematika dan Praktika. Dituliskan dalam bahasa Indonesia atau Inggris.

2. Naskah ditulis dengan panjang minimal 5000 karakter maksimal 8000 karakter, dengan spasi 1,15, program Microsoft Word, huruf Times New Roman, font 12, pada ukuran kertas B5 17,5 cm x 25 cm dengan margin: atas 2 cm, kiri 2,5 cm, kanan 2 cm, dan bawah 2 cm.

3. Naskah diserahkan dalam bentuk  soft-copy ke: http://www.stt-tawangmangu.ac.id/e-journal/index.php/fidei.

4. Sistematika penulisan: Judul; Nama Penulis; Abstrak; kata kunci; Pendahuluan; Metode; Pembahasan dan hasil; dan Simpulan, serta Kepustakaan (lihat template).

5. Judul artikel tidak boleh lebih dari 12 kata ditulis di tengah (centered), dengan font 16, Times New Romans dan dicetak tebal. Judul tidak memuat nama tempat penelitian.

6. Nama penulis artikel dicantumkan tanpa gelar, pekerjaan, profesi atau status (font 14); menuliskan afiliasi (tidak disingkat) dan menuliskan nama negara (font 12) dan cetak tebal; dan ditempatkan di bawah judul artikel. Naskah yang ditulis oleh tim, maka Dewan Editor Jurnal Fidei hanya berhubungan dengan penulis utama atau penulis yang namanya tercantum pada urutan pertama. Penulis utama harus mencantumkan alamat e-mail sebagai korespondensi.

7. Abstrak ditulis dengan jarak spasi 1 tunggal; dalam dua bahasa, Bahasa Indonesia (urutan pertama) dan Bahasa Inggris (urutan kedua) dengan panjang maksimal 200 kata. Abstrak berisi latar belakang singkat, tujuan, dan/atau ruang lingkup penelitian, metode, ringkasan hasil/ finding, dan simpulan/ implikasi (font 12).

8. Kata kunci (keywords) menggunakan bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris) 3-6 kata/frasa, dipisah dengan tanda baca titik koma (;) dan urutan penulisan berdasarkan abjad. Terdiri dari kata-kata yang bersifat mewakili isi artikel (font 12).

9. Bagian pendahuluan berisi latar belakang umum kajian, State of Art, dan Tujuan Penelitian. Panjangnya pendahuluan tidak lebih dari 10% dari keseluruhan tulisan.

10. Metode penelitian, Tuliskan metode penelitian yang digunakan dalam penelitian dan tahapan penelitian (ditulis dalam satu paragraf), (font 12).

11.Hasil dan Pembahasan adalah pembuktian dari pernyataan tesis yang dimuat dalam pendahuluan yang di ikuti dengan pembahasan dari hasil yang diperoleh. (font 12).

12. Kesimpulan dituliskan dengan panjang satu paragraf. Kesimpulan berisi jawaban singkat dari tujuan penelitian atau pernyataan tesis yang telah dibuktikan.

13. Daftar pustaka hanya berisi sumber-sumber yang dirujuk dengan sistim foot-note menggunakan Mendeley dengan style Turabian 8th edition (full note). Sumber yang dirujuk harus tercantum dalam daftar rujukan. Sumber rujukan minimal 75% artikel jurnal dan 25% buku yang terbit 10 tahun terakhir. Sumber rujukan minimal 15 rujukan (jurnal dan buku).

14.Daftar pustaka disusun dengan tata cara seperti contoh berikut ini dan diurutkan secara alfabetis.


Panduan Pengutipan

Catatan Kaki

Buku:

Morton Smith, Demi Nama Tuhan (Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2010), 2

Kalis Stevanus, Apologetika: Benarkah Yesus Itu Tuhan? (Yogyakarta: Andi, 2017), 34

Jurnal:

Marthin S. Lumingkewas, “Membaca Ulang Konsep El Allah Israel”, The Message. Vol. 3, No.1, 2016; 12

Daftar Pustaka

1. Buku-buku.

a. Satu Pengarang.

Barth, Ch., Teologi Perjanjian Lama. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1985.

b. Dua-tiga Pengarang.

Monks, F.J., A.M.P. Knoers., Siti Rahayu Haditono, Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 1994.

c. Lebih dari tiga Pengarang.

Minirth, Frank and Mary, et.al., Passages of Marriage. Nashville: Thomas Nelson Publisher, 1991.

2. Lembaga sebagai Pengarang.

Akademi Leimena PGI, Visi Baru untuk Era Baru dengan Generasi Baru Laporan Konferensi Nasional Gereja dan Masyarakat V. Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, 10-12 April 1989 di Wisma Kinasih, Caringin, Bogor, 1989.

3. Nama Editor, Penyunting, dll. Beri Indikasi Sesudah Nama Itu.

Garang, J., ed., Memasuki Masa Depan Bersama: Tugas dan Tanggung Jawab Bersama Agama-agama di Indonesia. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia, 1989.

Pattiasina, J.M., Weinata Sairin, peny., Gerakan Oikumene Tegar Mekar di Bumi Pancasila. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1993.

4. Karya yang Tidak Diterbitkan (Seminar dan Simposium).

Sidjabat, B.S.,   “Pendidikan Teologi Dalam Era Reformasi”, Bahan Ceramah pada Simposium Teologi Ke-8 dan Konggres Ke-5 PASTI. Kinasih Bogor, 1998.

5. Jurnal.

Lumingkewas, Marthin S., “Membaca Ulang Konsep El Allah Israel”, The Message. Vol. 3, No.1, 2016.

6. Majalah

Dawam, Raharjo M., “Dunia Bisnis di Persimpangan Jalan”.  Prisma. 17 Juli 1983.

7. Surat Kabar.

Koentjaraningrat, Hadi, “Kebudayaan Daerah Kebudayaan Nasional dan Globalisasi”. Kompas. 17 Juli 1992.

8. Ensiklopedi.

Bruce, F.F., “Yohanes Pembaptis” dalam Douglas J.D., (ed.), Ensiklopedia Alkitab Masa Kini (terjemahan), Jilid II (M-Z). Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih/OMF, 1995.

9. Dokumen.

Biro Pusat Statistik, Profil Statistik Anak dan Ibu di Indonesia. Jakarta: BPS, 1978.

10. Skripsi, Tesis, Disertasi

Kalebu, Tresya J., “Membaca Ulang Doktrin Keselamatan Calvin Menurut Perspektif Paulus”. Skripsi. Program Studi Teologi Program Sarjana Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu, 2014.

11. Wawancara.

Santosa, Amir, Wawancara. Bandung, 8 Agustus 1997.

12. Diktat atau Bahan Kuliah.

Soukotta, Samuel, “Karunia-karunia Roh”: Diktat Kuliah Pertumbuhan Rohani. Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu, Karanganyar, 1998.

Petunjuk Penulisan Artikel Jurnal dapat Dilihat Selengkapnya Dalam Artikel Template

https://drive.google.com/file/d/1GZ_mzl5sWTVM05Yk5ie7IWNCXSykNWHK/view