Peranan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Membentuk Karakter Siswa

Arozatulo Telaumbanua

Abstract


Kondisi yang tidak dapat dibendung saat ini, di mana perkembangan terus terjadi tanpa memperhatikan etika, moral dan karakter manusia, maka sangatlah diperlukan peran dari berbagai pihak termasuk dan teristimewa guru Pendidikan Agama Kristen dalam mengontrol siswa yang terbawa arus oleh perkembangan tersebut. Tentu hal ini, diperlukan peran guru yang sangat serius untuk membentuk karakter siswa yang baik dan terpuji. Kita sadar bahwa saat ini sebagian besar siswa kita mengalami masalah krisis karakter, di mana mereka tidak terkontrol oleh pengaruh perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Namun, besar harapan kita bahwa dengan peranan guru Pendidikan Agama Kristen maka kekuatiran itu akan terjawab. Oleh karena itu, Guru Pendidikan Agama Kristen diharapkan agar melaksanakan tugasnya dengan sungguh-sungguh sesuai dengan tujuan pendidikan dan pembelajaran yakni membentuk dan menciptakan generasi yang berakhlak mulia, bertanggungjawab dan memiliki karakter Kristus.


Keywords


Peranan, Guru, Karakter

Full Text:

PDF

References


Brownlee, Malcolm, Pengambilan Keputusan Etis dan Faktor-faktor Di Dalamnya, Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2006.

Budiyana, Hardi, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen, Surakarta: STT Berita Hidup, 2011.

Djamarah, Syaiful Bahri, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: PT. Renika Cipta, 2005.

Lickona, Thomas, Pendidikan Karakter, Bantul: Kreasi Wacana, 2012.

Maruta, Joshua dan Sianturi, Cornelius, The Secret of Personal Power, Singapura: Training For Excellence, 2008.

Nainggolan, John M., Guru Agama Kristen, Bandung: Jurnal Info Media, 2006.

Robianto, Robert, “Pendidikan Budi Pekerti Mengikis Korupsi,†BAHANA, Mei 2009 Vol. 217.

S. H. Widyapranawa, Pendidikan Kepribadian Diri Sendiri, Yogyakarta: Taman Pustaka, 2003.

Sabdono, Erastus, Hidupku BagiMu, Jakarta: Rehobot Literature, 2014.

Saragih, A. Hasan, “Kompetensi Minimal Seorang Guru Dalam Mengajarâ€, Jurnal Tabularasa PPS Unimed, Vol. 5 No. 1, Juni 2008.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007.

Sidjabat, B. S., Mengajar Secara Profesional, Bandung: Kalam Hidup, 2010.

Sudjana, Nana, Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2009.

Suprihatiningrum, Jamil, Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2014.

Telaumbanua, Arozatulo, Saya Pasti Bisa Seperti Rajawali, Sukoharjo: Born Win’s Publishing, 2015.

Telaumbanua, Arozatulo, Seminar: Krisis Masa Muda dan Pembentukan Karakter, Yogyakarta, Selasa 28 Juni 2011.

Thiessen, Henry C., Teologi Sistematika, Malang: Gandum Mas, 2000.

Wahyuni, Naning Dwi dan Rejeki, Sri, “Pola Pendidikan Karakter Usia Dini Di TK Pertiwi XVI Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul T.P. 2013/2014â€, Rabu, 13/8/2014.

Wright, H. Norman, Menjadi Orang Yang Bijaksana, Yogyakarta: Andi Offset, 2009.




DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.9

Article Metrics

Abstract view : 1785 times
PDF - 507 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika has been registered on:

Printed ISSN  : 2621-8151

Online ISSN    : 2621-8135

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika © Published by Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu. All Rights Reserved.