Keterampilan Guru PAK Untuk Meningkatkan Minat Belajar Murid Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas

Dwiati Yulianingsih, Stefanus Marbun Lumban Gaol

Abstract


Salah satu tantangan  dalam  proses belajar mengajar di kelas adalah murid tidak antusias. Setiap guru mengharapkan selama mengajar di kelas semua murid antusias dan penuh minat. Kenyataannya tidak seperti itu, karena tidak semua guru memiliki kemampuan untuk mengatasi masalah murid yang kurang antusias. Oleh karena itu kajian tentang keterampilan guru dalam meningkatkan minat murid untuk belajar sangat diperlukan. Tujuan dari kajian ini untuk mendorong guru menambah keterampilan dalam melaksanakan tugasnya sehingga murid belajar dengan penuh perhatian. Penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan istilah-istilah yang digunakan pada judul tulisan berdasarkan sumber yang berkaitan, dihubungkan dengan pengalaman penulis secara subyektif selama mengajar di kelas. Poin penting hasil kajian ini ialah guru harus memiliki ketrampilan  untuk mengelola kelas dengan baik. Guru harus menguasai keterampilan untuk mulai pembukaan sampai pada penutupan kelas.  Guru harus menguasai keterampilan dalam bertanya, menjelaskan, memberi penguatan, dan juga dalam membuat variasi. Keterampilan dalam pengelolaan kelas ini berpengaruh besar terhadap perhatian  murid untuk belajar.


Keywords


Keterampilan, guru, minat, belajar, murid

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2014

Baley, Richard A. ed., New Testament Issues. New York: Harper adn Row, 2007.

Nainggolan, John M, Menjadi Guru Agama Kristen. Bandung: Generasi Info Media, 2007.

Nurhayati, Lusi, Psikologi Anak. Jakarta: PT Indeks, 2008.

Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengmbangkan Profesionalisme Guru. Jakarta Raja Grafindo Persada, 2014.

Sabri, Alisuf, Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV. Pedoman Ilmu Jaya, 2007.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2011

Sijabat, Samuel, Strategi Pendidikan Kristen. Yogjakarta:Andi, 1994.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010

Susanto, Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:Kencana Prenada Media Grup, 2013.

Usman, Uzer, Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Penerbit Remaja Rosdakarya, 2006.

Winataputra, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Universita Terbuka Depatemen Pendidikan Nasional, 2007.

________, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka, 2001.

________, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional atau yang lebih dikenal dengan sebutan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UUSPN), 2003.

________, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005

tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas, 2005.




DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v2i1.47

Article Metrics

Abstract view : 225 times
PDF - 260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika has been registered on:

Printed ISSN        : 2621-8151

Online ISSN         : 2621-8135

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika © Published by Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu. All Rights Reserved.