Upaya Guru Sekolah Minggu dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Alkitab di Kelas Sekolah Minggu

Dwiati Yulianingsih

Abstract


Guru Sekolah Minggu seharusnya memberitakan Firman Tuhan dengan banyak variasi sehingga menarik minat anak-anak Sekolah Minggu. Tetapi kenyataannya tidaklah demikian, seringkali kali seorang guru Sekolah Minggu terjebak pada penyampaian dengan cara dan metode yang itu itu saja sehingga anak-anak Sekolah Minggu kurang termotivasi untuk belajar Alkitab. Oleh karena itu kajian tentang upaya seorang guru Sekolah Minggu dalam meningkatkan motivasi anak Sekolah Minggu dalam belajar Alkitab sangat diperlukan. Tujuan dari penulisan ini untuk mendorong guru Sekolah Minggu supaya tidak putus asa mengusahakan adanya cara-cara kreatif supaya motivasi anak Sekoah Minggu meningkat dalam belajar Alkitab. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan deskriptif kualitatif yang menjelaskan dan menggambarkan tentang upaya apa saja yang seharusnnya dilakukan oleh seorang guru Sekolah Minggu dalam meningkatkan motivasi belajar Alkitab berdasarkan sumber yang berkaitan, dihubungkan dengan pengamatan dan pengalaman penulis selama menjadi guru Sekolah Minggu dan mentor guru Sekolah Minggu. Hasil penelitian ialah para guru Sekolah Minggu selalu berusaha untuk meningkatkan motivasi anak Sekolah Minggu dalam belajar Alkitab. Usaha-usaha yang dapat dilakukan oleh seorang guru Sekolah Minggu antara lain ialah membuat suasana belajar Alkitab yang menyenangkan, memilih metode pembelajaran Alkitab yang tepat, memberikan hadiah atas keberhasilan anak, termasuk memberikan pujian pada waktu yang tepat.


Keywords


Belajar Alkitab; Upaya guru; Sekolah minggu.

Full Text:

PDF

References


Boehlke, Robert Richard. Sejarah Perkembangan Pikiran Dan Praktek Pendidikan Agama Kristen : Dari Yohanes Amos Comenius Sampai Perkembangan PAK Di Indonesia. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2003.

Djamarah, S.B. & Zein, A. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Hamalik, Oemar. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Askara, 2003.

Kadarmanto, Ruth S. Tuntunlah Ke Jalan Yang Benar. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2005.

Martinis, Yamin. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada, 2009.

Mulyasa, E. Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.

Nazir. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia, 2003.

Rolland E. Smith, Irwin G. Sarason, Barbara R. Sarason. Psychology the Frontiers of Behavior. New York: Harper & Row Publishes, 1982.

Saefulah, Syamsul. Psikologi Perkembangan Dan Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Sanjaya, Wina. Kurikulum Dan Pembelajajaran Teori Dan Praktik Pengembangan Kuriukulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bandung: Kencana Penara Media Group, 2008.

Santoso, S.Buwono. Menari Bersama Anak. Jakarta: BPK Gunung Mulia, 2011.

Setiawani, Mery Go. Penuntun Sekolah Minggu. Jakarta: Bina kasih/OMF, 1988.

Siburian, Hendro Hariyanto, and Arif Wicaksono. “Makna Belajar Dalam Perjanjian Lama Dan Implementasinya Bagi PAK Masa Kini.†FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika 2, no. 2 (2019): 207–226.

Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005.

Sumiyatiningsih, Dien. Mengajar Dengan Kreatif Dan Menarik: Buku Pegangan Untuk Mengajar Pendidikan Agama Kristen. Yogjakarta: Andi Offset, 2007.

Sutikno, M. Sobry. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Prospect, 2009.

Taylor, Bogdan. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Usaha Nasional, 1992.

Yahya, Ayub. Menjadi Guru Sekolah Minggu Yang Efektif. 1st ed. Yogjakarta: Foto Print, 2011.




DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v3i2.186

Article Metrics

Abstract view : 242 times
PDF - 577 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika has been registered on:

Printed ISSN  : 2621-8151

Online ISSN    : 2621-8135

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika © Published by Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu. All Rights Reserved.