Peranan Pendidikan Keluarga Tentang Kekudusan Hidup Menurut Roma 12:1-2

Widhi Arief Nugroho

Abstract


Peran aktif keluarga dan orang tua merupakan sebuah usaha yang secara langsung dalam memberikan sosialisasi terhadap anak dan juga menciptakan lingkungan rumah dan gereja sebagai lingkungan sosial yang pertama dijumpai oleh anak. Anak menjadi hal terpenting yang harus diperhatikan oleh keluarga, dalam kehidupannya anak perlu mendapat perhatian khusus dari orang tua baik ayah mau pun ibu, hal itu dikarenakan keluarga merupakan tempat pertama yang menerima anak lahir didunia. Tidak hanya hal itu keluarga juga menjadi tempat bagaimana anak belajar dalam berkehidupan yaitu dari awal cara makan sampai anak belajar hidup dalam masyarakat. Dalam realita peneliti mengamati banyak terjadi seks bebas di kalangan remaja. Mereka menganggap bahwa seks bukanlah suatu yang tabu dan kudus.

Keywords


Pendidikan keluarga, kekudusan hidup, Surat Roma

Full Text:

PDF

References


Agus, Salim. 2006. Teori dan Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Alkitab, Lembaga Alkitab Indonesia.

Bertens, K. 1989. Etika dan Etiket, Pentingya Sebuah Perbedaan. Yogyakarta: Kanisius.

BibleWork 7, Roma 12:2

Ahmad Tafsir. 2002. Pendidikan Agama Dalam Keluarga. Bandung: Remaja rosdakarya.

Fuad Ihsan. 2005. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryono, dkk. 2007. Akuntabilitas Konsep Dan Pengukuran. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.

Hasbullah, 1994. Pendidikan dalam Keluarga. Jakarta: Rajawali Press.

. 2009. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Penerbit Bumi Persada.

Helvie C.O. 1998. Advanced Practice Nursing in The Community. California: Sage publication Inc.

Kaelan. 2004. Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta:Gramedia.

Khairudin, H, HSS, 1997. Sosiologi Keluarga. Yogyakarta : Liberty press.

Langgulung, Hasan. 1995. Manusia & Pendidikan : Suatu Analisa Psikologi &Pendidikan (catatan ketiga). Jakarta:Gramedia.

Linda & Richard Eyre. 1997. Mengajarkan Nilai-nilai Kepada Anak. Jakarta : Gramedia PustakaUtama.

Ngalim Purwanto. 1992. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurul Zuriah. 2006. Metedologi Penelitian Sosial Dan Pendidikan (Teori

Aplikasi). Jakarta : PT Bumi Aksara.

Philip H. Coombs. 1982. Apakah Perencanaan Pendidikan Itu, (terjemah). Jakarta: Bhatara Karya Akasara.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Siti Partini Suardiman. 2003. Metode Pengembangan Daya Pikir dan Daya Cipta untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta: FIP UNY.

Soedomo, A. Hadi. 2008. Pendidikan: Suatu pengantar. Surakarta: UNS Press.

Soekanto, Soerjono. 2004. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta:Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Umar, Haryono, dkk. 2004. Akuntabilitas Konsep Dan Pengukuran. Jakarta: Penerbit Universitas Trisakti.




DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.16

Article Metrics

Abstract view : 205 times
PDF - 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika has been registered on:

Printed ISSN        : 2621-8151

Online ISSN         : 2621-8135

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika © Published by Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu. All Rights Reserved.