Pengaruh Pengelolaan Kelas Dalam Pelajaran Agama Kristen Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di SMP Kanaan Ungaran Tahun Ajaran 2017-2018

Markus Oci

Abstract


Pengelola kelas yang merupakan tugas guru  dalam menciptakan suasana kelas yang memungkikan terjadinya interaksi pembelajaran semaksimal mungkin, meningkatkan, memperbaiki belajar siswa sehingga tetap tertarik terlibat dalam kegiatan belajar mengajar dan lebih mudah dalam menerima pelajaran. Pengelola kelas merupakan ketrampilan yang harus dimiliki guru dalam memahami, mendiagnosis, dan kemampuan bertindak menuju perbaikan suasana kelas terhadap aspek-aspek manajemen kelas.  Belajar merupakan proses perubahan, dan perubahan dapat lihatkan dalam bentuk peningkatan kualitas dan kuantitas tingkah laku, dan belajar dari sisiwa tersebut.  Berdasarkan hasil penelitian bahwa persamaan regresi yang yang di dapat adalah Y = 20, 393 + 0, 601 X, dimana: Y = prestasi belajar siswa, X = pengaruh pengelolaan kelas.  Artinya koefisien regresi sebesar 0, 601 atau 60, 1% menyatakan bahwa setiap perubahan Pengelolaan kelasakan meningkatkan  Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Pertama Kanaan Ungaran sebesar 60,1%.  Sebaliknya, bila pengelolaan kelas 100%, maka prestasi belajar siswa juga diprediksikan mengalami penurunan sebesar 60,1%.  Koefisien korelasi pengaruh antara kedua variabel adalah 0, 522.  Artinya tingkat pengaruh menunjukkan adanya hubungan yang sedang antara variabel X terhadap variabel Y.   Hubungannya adalah positif, sebab pada angkat 0, 522 tidak ada tanda negatif.  Oleh karena itu, semakin besar pengelolaan kelas, maka semakin meningkat prestasi belajar siswa sedangkan pengaruh positif yang signifikan antara pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar siswa.


Keywords


Pengelola Kelas, Tugas Utama Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar.

Full Text:

PDF

References


Abubakar, Sitti, Rahmaniar, Belajar dan Pembelajaran. Kendari: UNHALU, 2007.

Anurahman, Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: Kedokteran EGC, 1995.

Bahari Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar . Jakarta : Rineka Cipta, 2006.

Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran .Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

E.G. Homrighausen, E.G & Enklaar. Pendidikan Agama Kristen .Jakarta: BPK Gunung Mulia, 1985.

Iskandar, Psikologi Pendidikan. Ciputat: Gaung Persada, 2009.

Lilik Kristanto, Paulus. Prinsip dan Praktek Pendidikan Agama Kristen. Yogyakarta : Andi Offset, 2010.

Semiawan, Cony. Pendekatan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia, 1990.

Raharjo, Sahid. Uji Korelasi dengan Program Online: htt://www.konsistensi.comDiakses 20 April 2018

N.A. Ametembun, Pendidikan Kurikulum Program Pengajaran Efek Intruksional dan Pengiring CBSA Metode Mengajar Media Pendidikan Pengelolaan Kelas dan Evaluasi Hasil Belajar Bandung: Remaja Karya, 1987

Nata, Abdin. Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran .Jakarta: Prenada Media Group, 2009.

Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya .Jakarta: Bina Aksara, 1988.

http://belajar psikologi.com/pengertian-belajar-menurut-ahli Diakses di Ungaran 23 Mei 2018.

Saroni, Muhammad. Manajemen Sekolah-Kiat Menjadi Pendidik yang Kompeten. Jakarta: Ar-Ruzz, 2006.




DOI: https://doi.org/10.34081/fidei.v1i2.10

Article Metrics

Abstract view : 178 times
PDF - 124 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 FIDEI: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika has been registered on:

Printed ISSN        : 2621-8151

Online ISSN         : 2621-8135

Fidei: Jurnal Teologi Sistematika dan Praktika © Published by Sekolah Tinggi Teologi Tawangmangu. All Rights Reserved.